Sabtu, 13 Desember 2008

MODEL PEMBELAJARAN PAKEM

A. Pengertian
Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dalah sebuah model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan yang beragam untuk mengembangkan keterampilan, sikap, dan pemahaman berbagai sumber dan alat Bantu belajar termasuk pemanfaatan lingkungan supaya pembelajaran lebih menerik, menyenangkan, dan efektif.

Komponene PAKEM
• Mengalami
• Komunikasi
• Interaksi
• Refleksi

Alasan mengapa pembelajaran model PAKEM diterapkan di Indonesia, yaitu:
• PAKEM lebih memungkinkan peserta didk dan guru sama-sama aktif terlibat dalam pembelajaran.
• PAKEM lebih memungkinkan, baik peserta didik maupun guru sama-sama kreatif.

Karakteristik PAKEM, meliputi:
• Aktif: pembelajaran nin memungkinkan peserta didk berinteraksi secara aktif dengan lingkungan.
• Kreatif: pembelajaran membangun kreatifitas peserta didk dalam berinteraksi dengan lingkungan.
• Efektif: efektifitas pembelajaran akan mendongkrak kualitas hasil belajar peserta didk.
• Menyenangkan: pembelajaran diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam implementasi PAKEM:
• Memahami sifat anak
• Mengenal anak secara perorangan.
• Memanfaatkan perilaku anak dalam pengorganisasian belajar.
• Menegembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta mampu memecahkan masalah.
• Menciptakan ruangan kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik.
• Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.
• Membedakan antara aktif fisik dan aktif mental.
• Memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan aktivitas.

Beberapa contoh kegiatan pembelajaran dan kemampuan guru

1. Guru merancang dan mengola kegiatan belajar mengajar yang mendorong siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran.

Guru melaksanakan pembelajaran dalam kegiatan yang beragam, misalnya:
• Percobaan
• Diskusi kelompok
• Memecahkan masalah
• Mencari informasi
• Menulis laporan/ cerita/ puisi
• Berkunjung keluar kelas
2. Guru menggunakan alat bantu dan sumber belajar yang beragam Sesusai mata pelajaran, guru menggunakan misalnya:
• Alat yang tersedia atau alat yang dibuat sendiri
• Gambar
• Studi kasus
• Nara sumber
• Lingkungan
3. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan Siswa:
• Melakukan percobaan, pengamata, atau wawancara.
• Mengumpulkan data/jawaban dan mengolah sendiri.
• Menarik kesimpulan
• Memecahkan masalah, mencari rumus sendiri.
• Menulis laporan/ hasil karya lain dengan kata-kata sendiri
4. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasan secara lisan atau tulisan Melalui:
• Diskusi
• Lebih banyak pertanyaan terbuka
• Hasil karya yang merupakan pemikiran anak sendiri
5. Guru menyesuaikan bahan dan kegiatan pembelajaran dengan kemampuan siswa • Siswa dikelompokkan sesuai dengan kemampuan (untuk kegiatan tertentu)
• Bahan pelajaran disesuaikan dengan kemampuan kelompok tersebut.
• Tugas penrbaikan atau pengayaan diberikan
6. Guru mengaitkan kegiatan belajar mengajar dengan pengalaman siswa sehari-hari. • Siswa menceritakan atau memanfaatkan pengalamannya sendiri
• Siswa menerapkan hal yang dipelajari dalam kegiatan sehari-hari.
7. Menilai kegiatan belajar mengajar dan kemajuan belajar siswa secara terus menerus • Guru memantau kerja siswa
• Guru memberikan umpan balik.

Tidak ada komentar: