Sabtu, 13 Desember 2008

HAKIKAT IPA

A. Konsep hakikat IPA sebagai proses
Proses yang dimaksud disini yaitu kegiatan untuk mendapatkan IPA yang pemerolehannya harus melalui ilmiah, dengan cara melakukan penelitian.
Adapun tahap-tahap dalam proses penelitan yaitu :
1. Observasi
Merupakan pengamatan suatu objek dengan mengunakan beberapa indera berdasarkan ciri-cirinya.
Contoh: pengamatan ciri-ciri bentuk daun dengan mengunakan indera penglihatan
2. Klasifikasi
Pengelompokkan objek berdasarkan perbedaan dan persamaan sifat yang dimiliki
Contoh : klasifikasi hewan di darat dan di laut
3. Interprestasi
Penafsiran data-data yang telah diperoleh dari kegiatan observasi
Contoh : semua hewan di darat bernapas dengan paru-paru, ada kaki, berbulu dll, sedangkan hewan di laut bernapas dengan insang ,tidak berbulu, memiliki sirip dan berenang
4. Prediksi
Memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan kecenderungan atau pola hubungan yang terdapat pada data yang telah diperoleh.
5. Hipotesis
Suatu pernyataan berupa dugaan tentang kenyataan-kenyataan yang terdapat di alam melalui proses perkiraan
6. Mengendalikan variabel
Mengatur variabel sehingga ada perbedaan pada akhir eksperimen adalah benar –benar karena pengaruh variabel yang teliti.
Ada 3 macam variabel yaitu:
• Variabel bebas : factor yang mempegaruhi terjadinya perubahan terhadap factor yang lain
• Variabel terikat : factor yang dipengaruhi
• Variabel kontrol : factor yang dibuat tetap.
7. Merencanakan dan melaksanakan penelitian eksperimen
Dalam proses ini penelitian dapat dipecahkan menjadi beberapa tahap dan dikembangkan kepada anak didik atau satu persatu yaitu:
• Menetapkan masalah penelitan : mengambil suatu masalah dari hasil peelitian yang dilakukan
• Menetapkan hipotesis penelitian
• Menetapkan alat bahan yang di gunakan
• Menetapkan langkah-langkah dan waktu penelitian
• Menetapkan format tabulasi data : data dari hasil penelitian dicatat dalam tabel dengan baik yang membantu dalam penyusunan interprestasi.

B. Konsep hakekat IPA sebagai produk
Produk yang dimaksud merupakan hasil upaya para penulis IPA yang telah tersusun secara lengkap dan sistematis dalam bentuk buku teks.
Produk IPA meliputi :
1. Fakta merupakan keadaan yang sebenarnya dari sesuatu dan diperoleh dari observasi/pengmatan serta memiliki dua ciri yaitu : dapat didemonstrasikan dan diamati secara langsung
Contoh : air adalah benda cair, burung adalah jenis unggas
2. Konsep merupakan kumpulan dari fakta-fakta yang mempunyai ciri-ciri khusus yang saling berhubugan.
Contoh : air panas dan air dingin, burung merpati, burung pipit, burung elang dll
3. Prinsip merupakan kumpulan dari beberapa konsep dan fakta
Contoh : air mengalir dari permukaan yang tinggi ke permukaan yang rendah
4. Teori dan hukum merupakan kumpulan dari prinsip-prinsip yag saling terikat
Contoh : air mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan rendah.

C. Konsep hakekat IPA sebagai pemupuk sikap ilmiah
Sikap yang dimaksud disini adalah sikap ilmiah terhadap alam sekitar setidaknya ada 9 sikap dari ilmiah yang dapat dikembangkan pada usia SD antara lain :
1. Sikap ingin tahu
Sikap ingin memperoleh sesuatu yang benar dari objek yang diamati
2. Sikap ingin mendapatkan sesuatu
Sikap ingin memperoleh sesuatu yang masih original dengan cara melakukan pengamatan langsung pada objek yang ingin diamati.
3. Sikap kerjasama
Bekerjasama untuk memperoleh pengetahuan baik guru dengan siswa, maupun siswa dengan siswa.
4. Sikap tidak putus asa
Sikap tidak menyerah dalam memperoleh sesuatu.
5. Sikap tidak berprasangka
6. Sikap mawas diri
Sikap yang menjunjung kebenaran dan berani melakukan koreksi pada diri
7. sikap bertanggung jawab
Sikap bertanggung jawab dengan apa yang di kerjakan
8. sikap berpikir bebas
Sikap mengembangkan pikiran dan pemahaman pendapat sesuai dengan buku.
9. Sikap disiplin
Sikap mengontrol dan mengatur diri pada tingkah laku yang di kehendaki oleh orang lain.

1 komentar:

Roby mengatakan...

asyk bngt deh,,,,,,,,,,,,,

cln guru y????????????


psti nagh kpng nie